Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said telah melantik..." /> Banyak 'Genderuwo' di Industri Migas - Oil and Gas Management Center


Energy News

Published on July 21st, 2016 | by ardiansyah arifin

0

Banyak ‘Genderuwo’ di Industri Migas

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said telah melantik sebanyak 431 pejabat struktural Eselon II, III dan IV di Lingkungan Kementerian ESDM.

Dasar hukum para pejabat yang dilantik itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 6077 K/73/SJN/2016 untuk eselon II dan Nomor 6078 K/73/SJN/2016 untuk eselon III serta Nomor 6090 K/73/SJN/2016 untuk eselon IV.

Sudirman meminta kepada seluruh pegawai di Kementerian ESDM mengawasi dan menjaga pimpinan khususnya yang mengurus sektor industri Minyak dan Gas Bumi.

“Karena sejak awal menata sektor ini bukan hal yang ringan, kalau kata Pak Wiratmaja (Dirjen Migas), itu genderuwo-nya banyak, mahluk besar yang tidak terlihat masih banyak, orang yang takut dengan transparansi, jika di geser ke proses yang transparan mereka tidak keluar, dan hampir dua tahun kami menikmati itu,” kata Sudirman di Gedung Arsip Kementerian ESDM, Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Rabu 20 Juli 2016.

Untuk itu, Sudirman berpesan kepada seluruh pegawai Kementerian ESDM untuk saling mengawasi kinerja dari pejabat dan pegawai di Kementerian ESDM. Antisipasi perlu dilakukan untuk menjaga proses transparansi di lingkungan Kementerian ESDM betul-betul terlaksana.

“Agar gangguan minimal, jadi mohon dijaga bapak-bapaknya, terutama pada eselon I dan II, berapapun usia anda, ini puncak karir dari seorang birokrat, sesudah di puncak itu jalan ke depan adalah turun dan mari kita bersiap turun dengan kehormatan,” kata Sudirman.

Selain itu, Sudirman mengimbau bagi beberapa pejabat yang diberhentikan dan dipindahkan agar tidak berkecil hati. Yang terpenting adalah rekam jejak yang positif yang ditorehkan selama menduduki suatu jabatan.

“Tidak penting diberhentikan, pindah atau apapun, anak cucu kita ingin mengenang kita bukan sebagai perusak negara, dan kita ada dalam peran itu, dan kita bangun bersama menuju sikap yang jujur profesional, melayani, dan akhirnya kita semua dikenang sebagai orang yang punya makna,” katanya.

Sebagai informasi, 431 pejabat struktural yang dilantik terdiri atas promosi sebanyak 125 orang (15,9 persen), rotasi internal 137 orang (17,4 persen), rotasi antar unit 24 orang (3,1 persen) dan perubahan nomenklatur sebanyak 145 orang (18,4 persen).

Di samping itu, terdapat empat organisasi baru yaitu Biro Organisasi dan Tata Laksana pada Sekretariat Jenderal, Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas pada Ditjen Migas, Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE pada Ditjen EBTKE, dan Direktorat Penerimaan Negara Mineral dan Batu Bara (Minerba) pada Ditjen Minerba.

Sumbrt: //bisnis.news.viva.co.id/


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑
  • Promo

  • Our partner

  • Contact Us

    Ardiansyah Arifin | 085746754426

    [email protected]

  • Program Pelatihan Migas