Energy News

Published on January 27th, 2016 | by annisa herlynd

0

Bonus Tanda Tangan Kontrak Blok Mahakam US$ 41 Juta

Jakarta,–  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menegaskan, mengenai Blok Mahakam, kontrak kerja sama (KKS) telah ditandatangani pada 29 desember 2015 dengan PT Pertamina Hulu Mahakam sebagai pemegang 100% interes.

Menurut Sudirman, Pemerintah telah memberikan kewenangan kepada Pertamina untuk melakukan share down paling banyak 30% secara business to business (b to b).

“Pertamina dan eksisting operator sejauh ini sedang melakukan pembicaraan dan mendekati final bahwa eksisting operator akan mendapatkan 30% dan kita juga memberikan kebijakan untuk memberi porsi kepada daerah dalam bentuk PI sebesar 10%,” katanya di Jakarta.

Selain itu, ungkapnya, telah ditandatangani pula term and conditions pasca 2017, diantaranya jangka waktu kontrak selama 20 tahun sejak 1 Januari 2018, bonus tanda tangan senilai Ro US$ 41 juta dan split dynamic/sliding scale menggunakan R/C.

Sementara itu, lanjutnya, untuk meningkatkan eksplorasi pada kontrak baru diberikan insentif berupa block basis dan investment credit sebesar 17% dan FPT 20%.

“Inilah poin-poin yang sedang kita finalkan dan mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi kita bisa menandatangani PSC baru,” pungkasnya.

 

energitoday.com

Tags: , , , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑
  • Promo

  • Our partner

  • Contact Us

    Ardiansyah Arifin | 085746754426

    [email protected]

  • Program Pelatihan Migas