Pentingnya Sertifikasi Migas - Oil and Gas Management Center

Knowledge Center

Published on July 22nd, 2016 | by ardiansyah arifin

0

Pentingnya Sertifikasi Migas

Sertifikasi Migas OMC – di zaman sekarang setiap orang dituntut harus punya sertifikat keahlian. Walaupun banyak lulusan S1 tapi tidak ada sertifikat juga tidak akan digunakan. Memang membuat sertifikat itu tidak murah, tetapi kalau kita bisa memanfaatkan setifikat itu sebaik mungkin bisa menjadikan penghasilan yang luar biasa.

Seorang pekerja di bidang migas , untuk dapat mencapai tingkat jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan pada Standar Nasional Indonesia (SNI )  harus mengikuti  kompetensi tenaga teknik khusus migas. Kompetensi personel ini merupakan persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh pemegang. Jabatan tenaga teknik khusus (TTK) minyak dan gas bumi pada seluruh bidang yang berkaitan. Tujuan dari pelatihan sertifikasi migas adalah peserta mampu memenuhi syarat kompetensi untuk mengikuti ujian Sertifikasi Tenaga Teknis Khusus Migas dan memperpanjang sertifikat yang sudah hampir habis masa berlaku nya, sehingga dengan sertifikat yang di miliki peserta dapat memanfaatkan / mempergunakan sesuai bidang keahliannya.

Sertifikasi Migas, Menteri Ketenagakerjaan perlu memperhatikan ini. Ada cerita tukang las yang dibayar 2.000 dollar sebulan belum termasuk uang lemburnya karena dia ada sertifikat las.Sama-sama menjadi tenaga kerja di luar negeri, tukang las Indonesia ini dicari dan dihargai. Berbeda dengan buruh migran perempuan yang banyak menyimpan cerita nestapa, para tukang las pulang dalam kehormatan dan kantong penuh dollar. Padanan dalam bahasa Indonesia memang tukang las, tetapi dalam dunia industri mereka lebih dikenal sebagai “welder”. Pekerjaannya mengelas berbagai infrastruktur industri, dari turbin listrik hingga kilang minyak dan pipa tambang. Inilah yang membedakan mereka dengan buruh migran lainnya. Dengan keahliannya mengelas, para welder punya posisi tawar luar biasa.

Sertifikasi Migas, Banyak lembaga-lembaga yang memberikan sertifikat keahlian. Seperti PetroTrainingOilfeld Management Center (Member of Proxsis Consulting Group),  yang bekerja sama dengan  LSP K3, LSP Migas, LSP IATKI (Ikatan Ahli Teknik Kelistrikan Indonesia),  Lembaga Sertifikasi Profesi yang di tunjuk BNSP, dan Opito. Sekarang bagi yang pencari kerja atau masih kuliah bisa dipikirkan sertifikat keahlian sebagai tambahan untuk mencari kerja.

Berikut ini adalah beberapa daftar training yang bisa anda peroleh di Oil and Gas Management Center baik sertifikasi BNSP ataupun OPITO:

Operator K3 Migas

Operator Scaffolding

Operator Gas tester

Petugas Penanganan Bahaya Gas H2S

Bosiet

Huet

Hazops

Rigger (Juru Ikat)

Pengawas K3 Migas

Ahli Pengendali Perawatan Sumur (APPS)

Pengawas Peralatan Instrumentasi

Inspector Crane

Informasi Lebih Lanjut:

Ardiansyah Arifin | 085746754426

[email protected]


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑
  • Promo

  • Our partner

  • Contact Us

    Ardiansyah Arifin | 085746754426

    [email protected]

  • Program Pelatihan Migas